DIBALIK KEMERIAHAN JAMBORE KELUARGA BESAR MUHAMMADIYAH

Posted: March 16, 2009 in Uncategorized

muhammadiyah

jambore-muhammadiyah1

(Sumber : PP Tapak Suci)

“ANGGOTA TAPAK SUCI AMANKAN ACARA JAMBORE”

Jakarta-PPTS ….. Sebanyak 55 orang pendekar TAPAK SUCI di DKI Jakarta ikut mengamankan pelaksanaan Jambore Keluarga Besar Muhammadiyah se-DKI Jakarta yang diadakan pada 14 s.d 15 Maret 2009, di Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Para pendekar ini direkrut dari lima pimda yang berada di lingkungan DKI Jakarta, dan dikoordinir oleh Pimpinan Wilayah 4 TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DKI Jakarta. Demikian hal yang disampaikan oleh Harun Al Rasyid, salah satu koordinator tim keamanan TAPAK SUCI untuk Jambore, Sabtu (14/03/2009). “Tim Keamanan TAPAK SUCI ini berasal dari 5 pimpinan daerah yang berada di DKI Jakarta, dan dikoordinir langsung oleh Pimpinan Wilayah DKI Jakarta”, ucapnya. “Tim Keamanan TAPAK SUCI ini telah merapat ke lokasi sejak tadi malam (Jumat, 13/03/2009) dan akan bertugas hingga keseluruhan acara Jambore ini selesai besok”, imbuhnya.

Jambore Keluarga Besar Muhammadiyah se-DKI Jakarta ini diadakan dalam rangka menyambut Milad Muhammadiyah dan Jelang 1 Abad Persyarikatan Muhammadiyah, yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta. Jambore ini diikuti oleh segenap keluarga besar Muhammadiyah di DKI Jakarta, termasuk organisasi otonom, pimpinan daerah, dan para simpatisan, dan telah dibuka secara resmi pada Sabtu (14/03/2009) oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

“PAGELARAN  SERATUS  PENDEKAR  TAPAK  SUCI”

Sekitar 100 orang anggota TAPAK SUCI menggelar atraksi pada acara pembukaan Jambore Keluarga Besar Muhammadiyah se-DKI Jakarta, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Sabtu (14/03/2009).

100 orang anggota TAPAK SUCI ini terdiri dari tingkat Pendekar dan Kader dari Wilayah DKI Jakarta. Diramaikan dengan Gendak Pencak, para pendekar TAPAK SUCI ini menampilkan jurus-jurus khas TAPAK SUCI. Jurus yang ditampilkan pertama adalah Jurus Permainan Katak dan Naga. Kemudian dilanjutkan dengan peragaan teknik praktis berupa kuncian, dilanjutkan lagi dengan Jurus Permainan Rajawali, Lembu, dan Merpati. Kemudian penampilan jurus-jurus ini diselingi dengan permainan Senjata Toya oleh delapan orang pesilat, sebelum akhirnya dilengkapi dengan Teknik Praktis secara massal, dan permainan Senjata Toya Berpasangan.

Suwarjo, salah seorang asisten teknik untuk atraksi kali ini, menyatakan puas dengan penampilan 100 pendekar TAPAK SUCI mengingat keterbatasan dan kendala yang dihadapi. “Persiapan untuk pagelaran ini memang relatif singkat mengingat seratus orang anggota ini berada di daerah yang berbeda dan intensitas pertemuan juga bisa dibilang minimal. Namun bagi saya, Alhamdulillah saya cukup puas”, ujarnya.

Pagelaran pendekar TAPAK SUCI yang disuguhkan pada acara pembukaan Jambore Keluarga Besar Muhammadiyah se-DKI Jakarta ini bermaksud selain untuk memeriahkan Jambore Keluarga Besar Muhammadiyah, sekaligus juga untuk memperkenalkan dan mendekatkan TAPAK SUCI kepada keluarga besar Muhammadiyah. “Harapannya, dengan pagelaran ini kita sebagai keluarga besar Muhammadiyah semakin mengenal keberadaan TAPAK SUCI, terutama bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah dimanapun berada agar semakin akrab dan mendukung eksistensi TAPAK SUCI sebagai gerakan Muhammadiyah.” ujar Suwarjo yang telah aktif di TAPAK SUCI ini selama kurang lebih 26 tahun.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s